6 Alasan Kamu Harus Nyoblos Pemilu 2019 Kali Ini

6 Alasan Kamu Harus Nyoblos Pemilu 2019 Kali Ini

HH2ZMUI6PO

Dalam hitungan jam, kita akan melangsungkan pesta demokrasi terbesar di Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 April 2019. Pemilihan presiden dan para anggota legislatif untuk 5 tahun kedepan akan dilaksanakan. Salah satu faktor terpenting dari pilkada kali ini adalah suara dari para anak muda, khususnya untuk para pemilih pemula.

Para pemuda, terutama yang berpikir kritis, memiliki kesempatan untuk menentukan pilihan demi kelangsungan negeri kita tercinta.

Berikut ini adalah alasan kenapa kita anak muda harus menggunakan hak suara kita di pilkada nanti:

1. Tidak Semua Orang Punya Hak Memilih

FIGLTLWW8E

Banyak anak muda berpikir “Buat apa sih nyoblos? Gak ada pengaruhnya juga!”

Tidak semua orang bisa nyobos dan menggunakan hak pilih mereka dalam pilkada kali ini. Buat kalian yang belum berusia 17 tahun dan belum memiliki KTP belum dapat menggunakan hak pilihnya. Namun ada juga warga negara yang tidak punyak hak memilih karena kondisi tertentu, sedangkan mereka sendiri ingin sekali hak suara mereka didengar. Jadi, buat kamu yang memiliki hak memilih untuk nyoblos, kenapa harus golput?

2. Suaramu Menentukan Masa Depan

P62MVB826H

“Lagian emang kalo gue gak nyoblos ngaruh gitu?”

Tahukah kamu, menurut data dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU, pemilih generasi milenial mencapai angka 40 persen dari Daftar Pemilih Tetap Nasional (DPT). Tingginya jumlah itu membuat kita para pemuda memiliki peran yang sangat penting untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak ini. Sebagai generasi muda milenial, kita memiliki tanggung jawab besar terhadap regenerasi politik di masa depan. Karena satu suara kamu menentukan masa depan bangsa, lho. Jadi sudah seharusnya kita mempergunakan hak suara kita untuk memilih yang terbaik dan mencegah yang terburuk berkuasa. Jangan mengaku nasionalis jika kamu golput alias tidak menggunakan hak memilihmu ya, guys 😌

3. Pesta Demokrasi Terbesar

YBGQFVYDDC

Gak penting banget buat ikutan!”

Pesta memiliki arti sebuah perayaan besar, artinya pemilu adalah pesta demokrasi terbesar di Indonesia yang akan diadakan dalam hitungan jam. Makanya, untuk kamu yang merasa gak peduli dengan rumitnya politik negeri ini, lebih baik dibuang jauh-jauh pikiran tersebut. Apalagi kita ini masih muda, tentu berharap banyak akan masa depan bangsa ini dan tentunya masa depan kita sendiri untuk 5 tahun kedepan. Perlu diingat, pesta demokrasi terbesar ini hanya diadakan 1 kali dalam 5 tahun, jadi sangat disayangkan kalau kamu melewatkan momen ini.

4. Tidak Memberi Peluang Politik Busuk

1920568BD3

“Gak kenal calonnya nih. Boleh gak gue coblos siapa aja?”

Helowww…sekarag ini ada internet lho, kamu bisa mencari tahu dulu sebelum memilih. Buat kita para pemilih, tentu harus mengetahui mana calon pemimpin yang paling baik untuk negeri ini, sebagai anak muda kita harus bisa mencari tahu informasi daripada mereka yang sudah berumur. Banyak situs-situs yang memberikan informasi mengenai rekam jejak pemimpin dan calon legislatif pada pemilu ini. Selain mendapatkan informasi di situs resmi KPU kamu juga bisa mengecek di beberapa situs resmi diantaranya, melalui infopemilu.kpu.go.id, rekamjejak.net, situs rekam jejak memberikan informasi mengenai harta kekayaan, riwayat hidup dan keputusan kasus korupsi hingga berita terkait anggota DPR. Ada juga Jariungu.com untuk mencari tahu calon legislatif sebelum kamu memilih tanggal 17 April 2019 nanti dan masih banyak lagi.

Percayalah, diantara banyaknya politikus yang kurang baik, masih banyak politikus yang benar dan hebat di luar sana yang mungkin tidak kita sadari. Maka dari itu, suara kamu sangat amat diperlukan untuk negeri ini.

5. Golput Itu Gak Keren

PJY3Y7010M

“Mendingan curhat di twitter, biar di retweet netijen!”

Coba kilas balik yuk ke diri sendiri, apa sih yang mendasari keputusan kamu untuk tidak memilih atau golput dalam pemilu 2019 besok? Apakah tidak ada calon yang bisa mewakili idealis-mu atau tidak adanya sosok pemimpin yang kamu percaya?

Dengan kamu Golput, berarti kamu membuka lebih besar peluang untuk para calon-calon anggota dewan yang tidak baik untuk naik di pemilu kali ini. Daripada apatis, mendingan kamu memilih yang menurut kamu paling bisa diandalkan. Memang mau nasib bangsa ini kita serahkan dan ditentukan dengan orang yang kita gak tahu? Walaupun golput adalah hak, akan tetapi hal ini secara tidak langsung akan memperbesar potensi manipulasi suara, lho! Lagian, Golput itu gak keren tau!

7. Bisa Ikutan Promo Pemilu 2019

photo-1513884923967-4b182ef167ab.jpg

“Tunjukkin jarimu dan dapatkan promonya!”

Nah ini dia asiknya kalau kamu ikut berpartisipasi dalam pemilu kali ini, banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan setelah memberikan hak pilihmu besok. Promo ini adalah bentuk apresiasi sekaligus ajakan untuk kalian memilih pada pemilu 2019 ini. Jadi, buat kamu yang berpikir mau golput pasti nyesel deh :p

Untuk mengecek promo apa aja yang ada selama pemilu bisa cek di katalog promosi ini.

Nah itu dia 6 alasan kamu harus memberikan hak pilihmu pada pilpres 2019 ini. Jangan hanya karena banyak harapan yang belum terpenuhi, menjadikan kamu tidak peduli akan pesta demokrasi kali ini, justru sebagai pemuda kita harus turut memperbaiki negeri. Membangun suatu negara dibutuhkan waktu dan kemauan, bukan hanya dari omongan serta janji yang diumbar. Dan pastinya, negara kita ini memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya walaupun banyak perbedaan, kita harus tetap satu. Jangan sampai keragaman justru ini terpecah belah karena perbedaan suku bangsa, agama, istiadat dan warna kulit.

Pastikan juga kamu sudah mencari tahu kertas suara kali ini ya, karena akan ada 5 kertas suara akan kita gunakan.

hipwee-1280x1280-whatsapp-image-2018-09-27-at-12.03.04-640x640

Tenang aja, buat kamu yang bingung, akan ada petugas disana yang siap membantu kita selama jalannya proses pemilu.

Jadi gimana, sudah siapa untuk nyoblos dan tidak golput besok? Bagaimana negara kita bisa maju jika kamu sendiri tidak peduli. Yuk pastikan kamu menggunakan hak suaramu pada pemilihan presiden dan wakil presiden besok ya! 🙂

Salam,

Sherly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *