Selamat menempuh hidup baru, pak Andi Mallarangeng..

Jakarta, Jumat 7 Desember 2012 mantan Menpora, Andi Alifian Mallarangeng mengumumkan secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Pak Andi Mallarangeng menjadi tersangka kasus korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di bukit Hambalang, Sentul, Bogor. Sebelumnya Pak Andi membantah bahwa dirinya terlibat kasus korupsi ini, sebelum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengeluarkan hasil audit yang menunjukkan terdapat indikasi bahwa pak Andi terlibat dalam sejumlah tahap proyek tersebut senilar 243,6 milliar.
Dari kasus ini artinya menggunakan kekuasaan dan wewenang untung menguntungkan diri sendiri dan membuat kerugian keuangan negara yang tidak sedikit. Dalam proyek yang besar itu, pak Andi tidak sendiri. Pasti masih banyak pihak lain yang terlibat. Sebagai warga negara yang baik. Sudah sewajarnya jika melakukan kesalahan apalagi jabatannya yang merupakan orang penting di negara Indonesia ini. Sikap berani yang diambil pak Andi patut ditiru oleh politisi lainnya yang sudah menjadi tersangka korupsi tetapi masih saja menerima gaji dari tempatnya bekerja.
Saat ini banyak pihak yang mengelukan sikap pak Andi Mallarangeng yang mengundurkan diri. Mungkin selain ingin menyelamatkan kabinet yang dipimpin oleh pak SBY, juga menyelamatkan muka Pak SBY. Bisa diliat bahwa momentum sekarang ini, banyak anggota dari partai demokrat menjadi tersangka kasus korupsi. Apakah masih banyak anggota dari partai pemenang pemilu itu menjadi partai yang isinya koruptor semua? Kita liat perkembangan selalunjutnya.
Jangan hanya KPK yang bertugas menangkap koruptor di Indonesia. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita saling membantu memberantas korupsi. Semakin banyak koruptor yang tertanggap, semakin baik. Tetapi dampaknya penjara akan sangat sesak dengan koruptor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *